Header Ads

Perbedaan Islam Dengan Agama Lain


islam

Perbedaan Islam dengan agama lain sangat luas cakupannya. Berikut adalah beberapa ciri pembeda antara agama Islam dengan Agama lain:


1.) Islam mempercayai Tuhan sebagai Maha Pencipta alam semeta ini dan menampilkan keesaanNya dengan kata-kata yang amat bersahaja, komprehensif dan menarik. Minat seorang pedusunan ataupun seorang terpelajar. Islam menyebut Tuhan sebagai Wujud Yang Paripurna, sumber segala keindahan dan bebas dari segal cacat. Dia Wujud Yang Maha Hidup yang menjelmakan diriNya dimana-mana dan yang mencintai makhlukNya serta mendengar permohonan-permohonan mereka. Tidak ada dari antara sifat-sifatnya yang telah ditangguhkan. Oleh karena itu Dia berkomunikasi dengan makhluk manusia seperti halnya Dia berkomunikasi sebelum ini dan tidak menutup jalan untuk mencapai Dia secara langsung.



2.) Islam percaya bahwa tidak ada kontradiksi antara perkataan Tuhan dengan perbuatanNya. Dengan demikian Tuhan membebaskan kita dari permusuhan tradisional antara sains dan agama, dan tidak menghendaki kita mempercayai sesuatu yang berada di luar kawasan hukum-hukum alam yang telah ditetapkan olah-Nya. Tuhan mendorong kita untuk merenungkan perihal alam dan mengambil faedah daripadanya, sebab segala sesuatu telah diciptakan demi kepentingan umat manusia.

3.) Islam tidak mengemukakan pengakuan yang kosong melompong ataupun memaksa kita mempercayai sesuatu yang kita tidak mengerti. Islam mendukung ajaran-ajarannya dengan alasan dan keterangan yang memberi kepuasan kepada pikiran kita dan kepada dasar jiwa kita yang sedalam-dalamnya. Islam tidak berlandaskan pada mitos-mitos atau hikayat-hikayat. Islam mengundang setiap orang untuk bereksperimen bagi dirinya sendiri dan berpendirian bahwa kebenaran selamanya dapat dibuktikan dalam satu atau lain bentuk.

4.) Kitab wahyu Islam (Alquran) itu unik dan membedakan wajah agama ini dari agama-agama lainnya. Kendati musuh-musuh Islam berupaya secara terpadu selama berabad-abad, mereka tidak mampu menyamai bagian kecil sekalipun daripada kitab yag ajaib ini. Kelebihannya tidak hanya terletak hanya di dalam keunikan dan keindahan susasteranya, melainkan juga di dalam kebersahajaannya dan keluasan wawasan serta kepepakan ajarannya. Alquran memproklamasikan bahwa ajarannya adalah yang terbaik-suatu pengkuan yang tidak dibuat oleh kitab-kitab wahyu lainnya.

Alquran mangaku telah mengkombinasikan unsur-unsur ajaran samawi yang terbaik yang terdapat di dalam kitab-kitab suci terdahulu dan telah menempatkan di dalamnya semua ajaran yang abadi dan luas rangkumannya. Alquran mengingatkan:
    “Sesungguhnya inilah yang diajarkan dalam kitab-kitab terdahulu, kitab-kitab suci Ibrahim dan musa” (87:19)

Sebuah ciri khas Islam yang distingtif ialah kitab sucinya itu berbahasa yang hidup. apakah tidak menimbulkan tanda tanya kalau bahasa-bahasa semua Kitab Suci lainnya itu mati atau tidak lagi dipakai secara umum? Sebuah kitab suci seharusnya mempunyai bahasa yang hidup dan berlaku abadi.

5.) Sebuah ciri pembeda lainnya dari Islam adalah nabinya telah melampaui segala tahapan pangalaman hidup manusia semenjak selaku seorang anak yang keadaannya terlantar lagi yatim piatu hingga akhirnya menjadi seorang penguasa kaumnya. Peri kehidupannya di dokumentasikan sampai sekecil-kecilnya, merefleksikan keimanan yang tiada taranya kepada Tuhan dan menggambarkan pengorbanan yang tiada hentinya pada jalanNya. Beliau menjalani hidup yang sarat dengan peristiwa dan tindakan serta meninggalkan teladan amal perbuatan yang sempurna di dalam setiap medan sepak terjang manusia. Hal demikian sangat cocok dan tepat untuk dikatakan, sebab beliau adalah tafsiran hidup Alquran dan dengan teladan pribadinya menerangi jalan tempuhan manusia untuk segala zaman mendatang-suatu peran yang tidak dipenuhi secara memadai oleh nabi lain manapun.

6.) Sebuah ciri pembeda lainnya dari Islam adalah nubuatan-nubuatannya telah menjadi kenyataan dari abad ke abad, itu telah memperkuat iman para pengikutnya kepada Tuhan Yang Maha menngetahui lagi Maha Hidup. Proses ini terus berlanjut sampai masa kini, sebagaimana dibuktikan dengan penemuan-penemuan baru-baru ini, mumi Firaun yang telah mengusir Nabi Musa dan kaumnya dari negeri Mesir. Contoh segar lainnya adalah adalah mengenai perkembangan sarana baru untuk menciptkan kehancuran, dimana api terkunci didalam partikel-paartikel kecil yang akan mengembang yang bisa menyebabkan gunung-gunung hancur lebur.

7.) Sebuah ciri khas Islam lainnya ialah bilamana Islam membahas akhirat dan kehidupan sesudah mati Islam pun meramalkan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa yang akan datang di dunia ini, penyempurnaan ramalan ini memperteguh keimanan pengikut-pengikutnya terhadap kehidupan sesudah mati.

8.) Islam berbeda dari agama-agama lainnya dalam menyediakan hukum muamalah yang komprehensif mengenai perilaku manusia secara individual, kolektif dan internasional. Perintah-perintah ini meliputi segala situasi dan mencakup hubungan antara kawan-kawan dan mitra-mitra serta bahkan antara lawan-lawan. Peraturan-pertauran dan prinsip-prinsip yang dinyatakan secara tegas itu benar-benara bersifat universal dan teruji ketegarannya sepanjang waktu.

9.) Islam memproklamirkan persamaan yang lengkap diantara umat manusia tanpa mengindahkan perbedaan kasta, kepercayaan, dan warna kulit. Satu-satunya tolak ukur kehormatan yang diakuinya ialah ketakwaan, bukan keturunan, kekayaan, ras dan warna kulit. Alquran mengatakan:
    “Sesungguhnya yang paling mulia diantara kalian di sisi Allah ialah yang paling bertakwa diantara kalian” (49:140)

dan lagi:
    “Barangsiapa beramal saleh, baik laki-laki ataupun perempuan, sedang ia orang yang beriman-mereka akan memasuki surga, mereka akan diberi rezeki di dalamnya tanpa perhitungan”. (40:41)

10.) Islam mengemukakan definisi tentang baik dan jahat yang membedakan nya dari agama-agama lainnya. Islam tidak mempercayai nafsu alami manusia sebagai jahat. Islam hanya menyebut pemuasan hawa nafsu yang tak terkendali dan tidak pada tempatnyalah sebagai jahat. Islam mengajarkan bahwa kecenderungan-kecenderungan alami kita harus diatur dan disalurkan agar membuatnya konstruktif lagi bermanfaat bagi masyarakat.

11.) Islam tidak hanya membuat kaum wanita ahli waris, namun juga telah memebrikan kepada mereka hak yang sama dengan kaum pria dan bukan dengan cara yang tidak menghargai ciri-ciri khas anatomi mereka serta tugas-kewajiban khas mereka dalam nengandung dan mengurus anak.

***

Kutipan ceramah Mirza Tahir Ahmad (Khalifah Ahmadiyah ke IV) yang disampaikan di University of canberra, Ausralia.

46 comments:

  1. Memanglh islam agama yang paling benar.

    ReplyDelete
  2. cinta/benci, pro/kontra semata-mata hanya karena SAMA/BEDA AGAMA ?
    Apakah inilah hakekat daqwah/syiar islam yang sebenarnya ? YAITU harus meng-islam-kan sesama, baru muslim/ah bisa bersikap tulus,
    minus curiga berlebih (kata Gus Dur: ketakutan pada diri sendiri)
    BUKTInya, jarang bantu sesama non islam, ulama pun jarang menghimbau ! sampai2 hadist nabi yang mengimbau mencintai anak yatim
    diMAKNAi /ditindak lanjuti oleh muslim/ah dgn mencintai KHUSUS dan HANYA TERVATAS pada yatim muslim saja (kecuali mau muallaf) ?
    Beda dgn agama lain yg selama ini bantu korban bencana, orang miskin/susah, misalnya lewat KURBAN 2 Milyar extra joss, mudik gratis,
    mau beri kesempatan lewat ajang pencarian bakat misalnya, biarpun BEDA AGAMA. Gak seperti rhoma irama yg nikmati sendiri trilyunan
    royalti lagu2 ciptaannya TAPI ga pernah kasih kesempatan, malah nimbrung nambah royalti lewat ajang pencarian bakat yg
    diadain non muslim.

    ReplyDelete
  3. cinta/benci, pro/kontra semata-mata hanya karena SAMA/BEDA AGAMA ?
    Apakah inilah hakekat daqwah/syiar islam yang sebenarnya ? YAITU harus meng-islam-kan sesama, baru muslim/ah bisa bersikap tulus,
    minus curiga berlebih (kata Gus Dur: ketakutan pada diri sendiri)
    BUKTInya, jarang bantu sesama non islam, ulama pun jarang menghimbau ! sampai2 hadist nabi yang mengimbau mencintai anak yatim
    diMAKNAi /ditindak lanjuti oleh muslim/ah dgn mencintai KHUSUS dan HANYA TERVATAS pada yatim muslim saja (kecuali mau muallaf) ?
    Beda dgn agama lain yg selama ini bantu korban bencana, orang miskin/susah, misalnya lewat KURBAN 2 Milyar extra joss, mudik gratis,
    mau beri kesempatan lewat ajang pencarian bakat misalnya, biarpun BEDA AGAMA. Gak seperti rhoma irama yg nikmati sendiri trilyunan
    royalti lagu2 ciptaannya TAPI ga pernah kasih kesempatan, malah nimbrung nambah royalti lewat ajang pencarian bakat yg
    diadain non muslim.

    ReplyDelete
  4. byk muslim anti YAHUDI / ISRAEL gara2 syariah islam yang dijabani (baca: ditafsir salah secara turun temurun),
    TAPI APAKAH SADAR dari semua agama samawi, JUSTRU islam sendiri & satu2nya masih tetap MELESTARIkan ajaran agama yahudi
    serta adat istiadat yahudi ?
    ANTARA LAIN :
    -. memakai penutup kepala (PECI/KOPIAH,KERUDUNG) bahkan pakaian khusus saat ibadah.
    -. bersunat / khitan fisik laki2.
    -. kaum perempuan wajib menutup aurat (berKERUDUNG) lalu berkembang jadi JILBAB, HIJAB dgn aneka rupa modifikasinya.
    Jadi HIJAB/JILBAB bukanlah budaya khasanah islami tapi perpanjangan kewajiban berpenutup tubuh saat keluar rumah wanita Yahudi (lihat ibu Yesus dkk)
    -. tidak boleh mem VISUALisasikan sosok nabi, orang kudus dan Tuhan dikarenakan bisa mengganggu ke-Imanan umat yag saat itu masih kerdil. contoh, hanya
    gara2 memandang gambar visual nabi lalu keterusan men-sucikan gambar tsb bahkan mengganggpanya = nabi.
    -. berkurban kambing domba seturut ajaran Abraham/IBRAHIM bapak bangsa YAhUDI.
    -. PuASA FISIK : tidak boleh masuk makanan/minuman ke dalam tubuh fisik biarpun TIDAK sengaja, padahal niatnya teguh, hasratanya kuat berpuasa tapi
    khilaf kemasukan makanan/obat. Mmg fisik kena makanan, TAPI jiwa tdk menikmati, TETAP aja batal krn yg dinilai fisiknya (kemasukan makanan atau tidak)
    -. mengHARAMkan makanan. Padahal kata Yesus: yg menajiskan itu bukan yg masuk ke dalam mulut tapi yang keluar berupa caci maki, sumpah serapah, fitnah,
    omongan jorok penuh maksiat.
    -. cenderung lahiriah, a.l ada batas suci lahiriah di mesjid, habis wudhu tdk boleh tersentuh fisik, cetakan qur'an yg notabene produk manusia di-agung2kan,
    disuci-kan layaknya lidah/firman Tuhan.
    -. semua ibadah diUKUR, diTAKAR, diTIMANG-TIMBANG. Misalnya kalau tidak puasa maka diQADAkan dgn wajib memberi makan sekian byk anak yatim, jika 3 kali
    tidak sholat jum'at MAKA masuk neraka, jika bersalaman sekian org maka masuk surga, jika mau hapus dosa maka wajib ini skeian kali, sunnah itu sekian byk.



    INI SEMUA adalah AJARAN YAHUDI (agama & suku bangsa) yg di-amin i umat islam saat ini (GA SADAR ?)

    YESUS sendiri telah byk me-REVISInya, itulah mengapa YAhudi membenci (terutama pemuka agama & tokoh masyarakat) yg dirugikan oleh ajaran Yesus tsb.



    ReplyDelete
  5. Anonymous20 July, 2014

    Islam dan Allah swt adalah ciptaan bangsa Arab, dan Muhammad bin Abdulah telah menganggat diri sendiri sebagai nabi palsu bangsa Arab. Kedatangan islam kedunia ini mengajarkan kebencian dan pembunuhan sampai dunia ini mengakaui tiada tuhan melainkan Allah swt dan Muhammad bin Abdulah harus disembah, kalau tidak mereka katakan kafir dan darahnya wajib dibunuh atas kehendak Allah swt bangsa Arab....wouw keji dan sesatnya islam ciptaan manusia sinting dari Arabia. Kehadiran islam membuat bencana, dimana ada islam disitu ada peperangan karena Allah swt ciptaan bangsa Arab adalah ciptaan Allah berwujud iblis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. TEMPATMU BUKAN DISINI!

      Delete
  6. ANDA SALAH, BUKAN KAH INJIL BARNABAS DAN TAURAT YANG ASLI MENGAKUI MUHAMMAD! ANDA YG DI ATAS BILANG BEGITU KARNA TDK KENAL ISLAM..

    ReplyDelete
  7. Islam adala keturunan .KELADAI LIAR ISMAIL HAGAR DIPANGGIL OLEH ALLAH ADALAH BUDAK HAGAR, KITA SUDAH KENAL ISLAM LIHAI MEMUTAR BALIKAN KEBENARAN.

    ReplyDelete
  8. Bagus tulisannya salam http://ilmufacebook.blogspot.com/2015/02/membersihkan-qolbu.html

    ReplyDelete
  9. Anonymous31 July, 2015

    Kitab terdahulu sudah diubah karena nabi terakhir yg datangbukan dari kaum nasrani atau bani israel , tapi dari bangsa arab, makanya bangsa nasrani dan bani. Israel mengubah kitabnya sendiri dan kalo alquran dimana mana tetap sama

    ReplyDelete
  10. Bagi mu agamamu bagi ku agamaku sesungguhnya orang" kafir akan kekal di jahanam

    ReplyDelete
  11. Bagi mu agamamu bagi ku agamaku sesungguhnya orang" kafir akan kekal di jahanam

    ReplyDelete
  12. terimakasih.silahkan didaftarkan dan selamat bermain serta menangkan uangnya.judi poker

    ReplyDelete
  13. Diri ku sebagai islam tidak mendoa kan mu keburukan dengan tafairan seperti diatas, akan tetapi diri ku hanya berdoa semoga engkau diberi hidayah. Semua akan tahu bahwa islam adalah agama yang sempurna. Semoga dengan definisi yang telah anda jelaskan tidak menjadi suatu bumerang yang akan menyesatkan anda.

    ReplyDelete
  14. Anonymous11 May, 2020

    Aku bangga menjadi seorang muslim.. semoga Allah SWT selalu menguatkan keimanann dan ketaqwaanku.

    ReplyDelete
  15. tidak ada bukti benar setiap agama yag ada sekarang adalah benar.hanya berpandukan kitab-kitab yang juga tidak ada bukti kebenarannya.aku yakin 100peratus di akhirat kelak ramai manusia berdosa kerana kesilapan agama yang akan menyalahkan warisan datuk nenek mereka .maka datuk nenek mereka pula akan menyalahkan orang yg dikatakan seorang nabi yang mengajarkannya.seterusnya nabi palsu pula akan menyalahkan tuhan.maka tuhan pula menjawab"aku menciptakan kamu sekalian manusia mempunyai akal fikiran dan sesungguhnya aku juga menjadikannya nabi palsu ini dan tidak memaksa kamu sekalian untuk mempercayainya dan aku juga menjadikan pemimpin agama yg benar dan tidak memaksa kamu untuk mempercayainya".pendapat saya adalah agama benar ini tidak memburukkan kepercayaan agama lain dan tidak merendahkan manusia lain walaupun dihina atau direndahkan.bukan bermakna kita lemah kerana tuhan itu adil.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.